𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗦𝘂𝗮𝗿𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗼𝗺𝗶𝘁𝗺𝗲𝗻 𝗕𝗲𝗿𝘀𝗮𝗺𝗮 𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝘽𝙧𝙞𝙚𝙛𝙞𝙣𝙜 𝗣𝗲𝗻𝗰𝗲𝗴𝗮𝗵𝗮𝗻 360

Pasuruan — Bea Cukai sebagai salah satu unit di Kementerian Keuangan wajib menjunjung tinggi integritas yang merupakan salah satu nilai Kementerian Keuangan. Sebagai salah satu unit vertikal di bawah naungan Bea Cukai, Bea Cukai Pasuruan rutin lakukan 𝘣𝘳𝘪𝘦𝘧𝘪𝘯𝘨 pencegahan 360 untuk mempertebal integritas yang dilakukan mulai dari pimpinan hingga pegawai.

𝘉𝘳𝘪𝘦𝘧𝘪𝘯𝘨 pencegahan 360 merupakan indikator kinerja yang berada di Kanwil Bea Cukai Jatim I beserta instansi yang berada di bawah koordinasinya. Pelaksanaan 360 dilakukan rutin secara formal tiap triwulanan.

Pada pelaksanaan 𝘣𝘳𝘪𝘦𝘧𝘪𝘯𝘨 360 sebelumnya, narasumber yang mengisi materi berasal dari Unit Kepatuhan Internal Bea Cukai Pasuruan. Berbeda halnya dengan pelaksanaan 360 kali ini, Bea Cukai Pasuruan mengundang narasumber yang sangat ahli dalam bidangnya, yaitu Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kanwil Bea Cukai Jatim I, Yanti Sarmuhidayanti.

Acara diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai secara hybrid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼 selaku 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 dan dilanjutkan dengan penyampaian arahan secara langsung oleh Yanti selaku narasumber pada pelaksanaan 360 kali ini.

Dalam arahannya, Yanti menyampaikan bahwa integritas tidak hanya tusi dari Unit Kepatuhan Internal, lebih dari itu, integritas merupakan tanggung jawab kita bersama. Terlebih dalam kepemimpinan 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻, Yanti percaya Bea Cukai Pasuruan pasti dapat semakin menegakkan integritas dengan tetap menjaga dan memperkuat tiang integritas yang telah ada.


Berbicara terkait integritas, Bea Cukai Pasuruan merupakan salah satu unit kerja yang sedang diusulkan untuk mendapat predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dalam proses meraih predikat WBBM ini, Yanti memiliki keterkaitan erat dengan Bea Cukai Pasuruan. Yanti selalu memberikan asistensi dan dukungan penuh untuk Bea Cukai Pasuruan dalam meraih predikat WBBM.

Bagi Yanti, WBBM bukan hanya slogan semata, namun harus sinkron dan terimplementasi dalam kehidupan nyata. Bea Cukai Pasuruan dapat membuktikan hal tersebut saat Yanti melakukan sidak langsung kepada pengguna jasa yang sedang berada di 𝘧𝘳𝘰𝘯𝘵 𝘰𝘧𝘧𝘪𝘤𝘦. Salah satu pertanyaan yang disampaikan Yanti adalah seputar pelayanan dan mendapat respon yang positif. Yanti mendengarkan langsung pernyataan dari pengguna jasa bahwa pelayanan yang diberikan Bea Cukai Pasuruan sangat meningkat dan pengguna jasa sangat puas atas pelayanan yang telah diberikan.

Sebagai penutup, Yanti mengajak seluruh pejabat dan pegawai untuk berkomitmen bersama-sama dengan menyuarakan “Saya Mendukung Pimpinan Saya Menegakkan Integritas di Bea Cukai Pasuruan, Saya Bertanggungjawab Atas Integritas Bawahan Saya”. Seluruh peserta yang hadir mulai dari 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 hingga pegawai milenial pun menyuarakan bersama-sama komitmen tersebut.

Pesan penutup, Yanti harap dengan adanya kegiatan ini, seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai Pasuruan dapat semakin mengerti, memahami, dan yang paling penting mengimplementasi apa yang telah di dapat. Dengan begitu, Bea Cukai dapat mencapai cita-citanya untuk menjadi instansi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia.

(PLI BC Pasuruan)

#Integritas
#BriefingPencegahan360
#KanwilBeaCukaiJatimI
#BeacukaiRI
#BeacukaiPasuruan
#BeacukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanGaspolWBBM2022