𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗦𝗼𝘀𝗶𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶 𝗱𝗮𝗻 𝗔𝘀𝗶𝘀𝘁𝗲𝗻𝘀𝗶 𝗔𝗘𝗢

Pasuruan (29/04) – Berlokasi di Jalan Stadion Nomor 28, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Bea Cukai Pasuruan lakukan sosialisasi dan asistensi kepada PT. Scandinavian Tobacco Group terkait Authorized Economic Operator (AEO). 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼 𝘀𝗲𝗹𝗮𝗸𝘂 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 menugaskan tim yang dipimpin oleh Danang Seno Bintoro selaku Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV didampingi Joko Wuriyanto selaku Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi sekaligus Client Manager AEO Bea Cukai Pasuruan melakukan sosialisasi dan asistensi tersebut.

Lalu apa itu AEO?
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 227/PMK.04/2014, Authorized Economic Operator yang selanjutnya disebut AEO adalah Operator Ekonomi yang mendapat pengakuan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sehingga mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu. Yang dimaksud operator ekonomi adalah Importir, Eksportir, PPJK, Pengusaha TPS, Pengusaha TPB, Pengangkut, dan Pihak lainnya.

Program AEO merupakan bentuk kerjasama Bea Cukai dan dunia usaha untuk mengembangkan inisiatif dan mengimplementasikan praktek business yang berorientasi pada pengamanan risiko-risiko pada pengiriman barang.

Manfaat Implementasi AEO sendiri ialah :
• Bagi operator ekonomi, mempercepat proses pengeluaran barang dengan minimal penelitian dokumen dan/atau pemeriksaan fisik, sehingga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik.
• Perusahaan AEO akan diakui di seluruh dunia sebagai perusahaan yang safe and secure serta sebagai mitra bisnis yang yang patuh dan taat dalam perdagangan internasional.
• Bagi DJBC, meningkatkan efektivitas pengawasan, pelayanan, dan efisiensi alokasi sumber daya.
• Bagi negara, diakui sebagai trust worthy country dalam perdagangan internasional karena telah menerapkan safety and security dalam logistic supply chain, sehingga lebih lanjut akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.

(PLI BC Pasuruan)

#AEO
#Sosialisasi
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiRI
#BeaCukaiMakinBaik
#WeServeByHeart
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM