𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗪𝗕𝗞 𝗠𝗲𝗻𝘂𝗷𝘂 𝗪𝗕𝗕𝗠, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗞𝘂𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗧𝘂𝘀𝗶 𝗔𝗴𝗲𝗻 𝗣𝗲𝗿𝘂𝗯𝗮𝗵𝗮𝗻

Pasuruan – Sehubungan dengan penetapan Kanwil Bea Cukai Jatim I dan kantor vertikal di bawahnya sebagai kantor dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi, maka Kanwil Bea Cukai Jatim I memandang perlu adanya usaha untuk terus-menerus menjaga predikat tersebut. Salah satu langkah yang ditempuh oleh Kanwil Bea Cukai Jatim I, yaitu dengan melakukan optimalisasi peran dan fungsi 𝘈𝘨𝘦𝘯𝘵 𝘰𝘧 𝘊𝘩𝘢𝘯𝘨𝘦 (Agen Perubahan) di setiap unit kerja.

Sebagai awalan, Kanwil Bea Cukai Jatim I bermaksud memberikan pembekalan kepada Agen Perubahan agar mampu berperan dalam lingkungannya serta menghadapi tantangan tugas yang semakin berat. Pada hari Selasa (28/09), Kanwil Bea Cukai Jatim I menyelenggarakan kegiatan penguatan tugas dan fungsi Agen Perubahan secara virtual. Dengan membawa semangat menuju kantor berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Bea Cukai Pasuruan yang sejak beberapa tahun yang lalu telah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), menugaskan seluruh Agen Perubahannya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Yanti Sarmuhidayanti selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kanwil Bea Cukai Jatim I. Hadir selaku narasumber utama, yaitu Widyarini. Beliau merupakan widyaiswara yang bertugas di Balai Diklat Keuangan Malang.

Widyarini menyampaikan bahwa Agen Perubahan merupakan sosok yang memiliki kemampuan beradaptasi sangat tinggi. Agen Perubahan adalah sosok yang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan mengoordinasikan perubahan dalam organisasi. Tiga peran Agen Perubahan meliputi: 𝘙𝘰𝘭𝘦 𝘔𝘰𝘥𝘦𝘭, CMC (𝘊𝘰𝘢𝘤𝘩, 𝘔𝘦𝘯𝘵𝘰𝘳, 𝘊𝘰𝘯𝘴𝘶𝘭𝘵𝘢𝘯𝘵), dan 𝘊𝘰𝘭𝘭𝘢𝘣𝘰𝘳𝘢𝘵𝘰𝘳. Dalam menjalankan perannya, acapkali para Agen Perubahan mendapatkan cibiran oleh lingkungan yang permisif. Hal tersebut berpotensi untuk melemahkan mental para Agen Perubahan. Penguatan peran dan tusi bagi para Agen Perubahan sangat diperlukan untuk dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa motor perubahan ke arah yang semakin baik tetap dapat bergerak sesuai dengan tugasnya.
Kegiatan kali ini sangat bermanfaat bagi seluruh peserta, khususnya bagi Agen Perubahan Bea Cukai Pasuruan untuk semakin memahami perannya di dalam menjaga predikat WBK yang telah diraih dan menyongsong predikat WBBM di tahap selanjutnya.

(PLI BC Pasuruan)

#AoC-2021
#𝘈𝘨𝘦𝘯𝘵𝘖𝘧𝘊𝘩𝘢𝘯𝘨𝘦
#AgenPerubahan
#BeaCukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM