𝗗𝘂𝗸𝘂𝗻𝗴 𝗘𝗸𝘀𝗽𝗼𝗿 𝗜𝗞𝗠-𝗨𝗠𝗞𝗠! 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗘𝗸𝘀𝗽𝗼𝗿 𝗜𝗞𝗠-𝗨𝗠𝗞𝗠

𝗗𝘂𝗸𝘂𝗻𝗴 𝗘𝗸𝘀𝗽𝗼𝗿 𝗜𝗞𝗠-𝗨𝗠𝗞𝗠!
𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗘𝗸𝘀𝗽𝗼𝗿 𝗜𝗞𝗠-𝗨𝗠𝗞𝗠

Pasuruan – Mengawali minggu ketiga di bulan Maret, Bea Cukai Pasuruan kembali menggelar acara yang begitu luar biasa. Mengangkat tajuk Training Of Trainers (TOT) Pegawai dan Pelatihan Ekspor bagi IKM-UMKM di Wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan, acara ini diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut mulai dari Senin, 15 Maret 2021 sampai Kamis, 18 Maret 2021.

Acara ini diikuti oleh belasan pemilik IKM-UMKM di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan serta pegawai Bea Cukai Pasuruan yang memiliki usaha di berbagai bidang. Dibuka secara langsung oleh 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻, 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼, pada hari Senin, 15 Maret 2021, acara ini menghadirkan narasumber yang mumpuni, di antaranya:

1. Iko Sukma Hadrianto, selaku Founder UKM Mendunia Foundation
2. Dony Wahono Annur, selaku Co-founder UKM Mendunia Foundation
3. Farid Agung Purwantoro, selaku Internasional Dropshiping Digital Marketing
4. Danang Seno Bintoro, selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV Bea Cukai Pasuruan.

Pada materi di hari pertama, para peserta pelatihan mendapatkan materi pengenalan ekspor yang disampaikan oleh Dony Wahono Annur, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dengan NTE atau Negara Tujuan Ekspor.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, para peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan hasil pemeriksaan atas Covid-19. Adapun selama pelaksanaan kegiatan ini, seluruh peserta tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS) sebagai wujud dukungan Bea Cukai Pasuruan dalam mendorong kegiatan ekspor bagi para pemilik IKM-UMKM khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Bea Cukai Pasuruan menggelar kegiatan 4 hari berturut-turut dengan tajuk “𝘛𝘳𝘢𝘪𝘯𝘪𝘯𝘨 𝘰𝘧 𝘛𝘳𝘢𝘪𝘯𝘦𝘳𝘴 (TOT) Pegawai dan Pelatihan Ekspor bagi IKM/UMKM di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan” yang dilaksanakan di Aula Kantor Bea Cukai Pasuruan sejak hari Senin, 15 Maret 2021. Pada hari Kamis, 18 Maret 2021, Iko Sukma selaku 𝘍𝘰𝘶𝘯𝘥𝘦𝘳 dari Yayasan UKM Mendunia menyampaikan materi dan memberikan pelatihan pamungkas bagi para peserta. Setelah itu, seluruh rangkaian acara ditutup secara resmi oleh 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻, 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼.

Diawali dengan penyampaian kesan dan testimoni dari perwakilan peserta yang berasal dari IKM/UMKM dan pegawai yang mengikuti TOT, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan harapan sekaligus penutupan acara secara resmi oleh 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻.

“Saya sangat senang dan bangga dengan teman-teman yang begitu antusias dalam mengikuti pelatihan selama 4 hari ini. Tentu harapan kami setelah diadakannya pelatihan ini para peserta pelatihan terutama IKM dan UMKM dapat meningkatkan jangkauan penjualan produknya sampai ke tingkat internasional,” pungkas 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻.

Setelah ditutup, acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen peserta dengan Bea Cukai Pasuruan untuk terus menerapkan teori yang telah didapat selama pelatihan dan pemberian sertifikat serta kenang-kenangan bagi para peserta dan narasumber.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu sarana untuk mendukung potensi IKM/UMKM di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan agar dapat menembus pasar eskpor internasional tentu dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang selama ini digalakkan oleh Kementerian Keuangan.

(PLI BC Pasuruan)

#AyoEkspor!
#EksporItuMudah!
#IKMPasuruanMendunia
#UKMPasuruanMendunia
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM