๐—ก๐—ด๐—ผ๐—ฝ๐—ถ ๐—š๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ถ๐˜€ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜€ ๐—œ๐—ป๐˜€๐—ฝ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป: “๐—œ๐—ป๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—›๐—ฎ๐—ฟ๐—ด๐—ฎ ๐— ๐—ฎ๐˜๐—ถ!”

Pasuruan — Integritas merupakan nilai yang ditempatkan pada urutan pertama dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia, pernah menyampaikan dalam pidatonya bahwa โ€œIntegritas merupakan Harga Matiโ€. Sebuah kata yang selalu ditekankan Beliau kepada seluruh jajarannya. Demikian juga dengan Bea Cukai Pasuruan yang selalu berinovasi untuk memperkuat integritas seluruh pejabat dan pegawainya.

Diwujudkan dalam bentuk sarasehan dengan tajuk โ€œNgopi Gratisโ€ dan โ€œKelas Inspirasiโ€, Bea Cukai Pasuruan rutin laksanakan dua buah inovasi yang dibalut kental dengan nuansa paseduluran. Dalam rangka memperkuat integritas di Bea Cukai Pasuruan, Tim Satgas Integritas dan Agen Perubahan (๐˜ข๐˜จ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ค๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฆ) Bea Cukai Pasuruan bersinergi untuk adakan kegiatan ini secara rutin.

Ngopi Gratis dan Kelas Inspirasi yang diselenggarakan pada hari Jumat (22/10) merupakan penyelenggaraan bagi peserta batch ke-5 dan ke-6. Sebelumnya, Bea Cukai Pasuruan telah suskes menyelenggarakan kegiatan tersebut sebanyak 4 batch. Topik yang dibahas, yakni seputar integritas, gratifikasi, dan suap yang berpotensi terjadi di lingkungan kantor dengan mengacu pada titik-titik rawan pelanggaran integritas.

Acara dibuka oleh Deasy Tri Wahyuni selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh M. Farid Bisri selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal sekaligus Ketua Satgas Integritas Bea Cukai Pasuruan.

Dalam sesi Kelas Inspirasi, peserta disuguhkan dengan berbagai pengalaman-pengalam menarik terkait penegakan integritas dalam menjalankan tugas sebagai pegawai Bea Cukai. Kembali hadir dalam kesempatan ini, Danang Seno Bintoro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV sekaligus Koordinator Agen Perubahan Bea Cukai Pasuruan. Pengalaman yang dibagikan oleh Danang merupakan pengalaman berharga yang dapat menjadi suri tauladan dan menjadi inspirasi bagi peserta untuk lebih baik dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

(PLI BC Pasuruan)