𝗣𝗲𝗿𝗸𝘂𝗮𝘁 𝗜𝗻𝘁𝗲𝗴𝗿𝗶𝘁𝗮𝘀, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗜𝗻𝘁𝗲𝗿𝗻𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗚𝗲𝗿𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗦𝗮𝗱𝗮𝗿 𝗦𝗶𝘀𝘁𝗲𝗺 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗲𝗻𝗱𝗮𝗹𝗶𝗮𝗻 𝗜𝗻𝘁𝗲𝗿𝗻𝗮𝗹

Pasuruan – Sebagaimana kita ketahui, Pengendalian Internal bertujuan untuk memberikan jaminan yang wajar terkait pencapaian tujuan organisasi. Salah satu hal penting untuk mencapai tujuan organisasi tersebut adalah penguatan integritas yang tertanam dalam diri pegawai Bea Cukai Pasuruan. Hal ini yang melatarbelakangi 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼, 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻, menunjuk Seksi Kepatuhan Internal dalam rangka melaksanakan internalisasi gerakan sadar Sistem Pengendalian Internal (SPI) pada hari Kamis (23/09).
Acara dibuka oleh M. Farid Bisri selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dengan memaparkan materi terkait Sistem Pengendalian Internal Kantor Bea Cukai Pasuruan pada Tahun 2021. Materi pemaparan tersebut meliputi penjelasan konsep dasar SPI, Penerapan Pengendalian Intern, dan Pemantauan Kode Etik. Pada kesempatan kali ini juga dilaksanakan Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (EPITE) di lingkungan Kantor Bea Cukai Pasuruan. Pelaksanaan EPITE ini dilakukan dengan 2 mekanisme, yang pertama dengan pengisian survei yang melibatkan seluruh Pejabat dan Pegawai Bea Cukai Pasuruan, dan yang kedua melalui mekanisme wawancara bagi Pejabat dan Pegawai yang ditunjuk.

Perlu diketahui, EPITE adalah evaluasi yang dilakukan terhadap pengendalian-pengendalian yang mempunyai pengaruh luas/menyebar ke seluruh kegiatan/proses dalam suatu organisasi. EPITE ini bertujuan untuk menentukan efektivitas pengendalian tingkat entitas dalam menciptakan lingkungan yang mendukung efektivitas pengendalian tingkat kegiatan/aktivitas. Selain melaksanakan EPITE, seluruh jajaran Kantor Bea Cukai Pasuruan juga turut serta dalam Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) Kementerian Keuangan Tahun 2021. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjadi salah satu indikator dalam Indeks Pembangunan Hukum pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024.

(PLI BC Pasuruan)

#InternalisasiSPI
#Integritas