๐—ฆ๐—ถ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ด๐—ถ ๐——๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐˜€ ๐—ž๐—ผ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—จ๐˜€๐—ฎ๐—ต๐—ฎ ๐— ๐—ถ๐—ธ๐—ฟ๐—ผ ๐—ž๐—ฎ๐—ฏ๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ป ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป, ๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—š๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฟ ๐—™๐—ผ๐—ฟ๐˜‚๐—บ ๐—•๐—ถ๐˜€๐—ป๐—ถ๐˜€

Pasuruan โ€“ Sebagai upaya mempercepat pemulihan koperasi dan usaha mikro dari dampak pandemi Covid-19, Bea Cukai Pasuruan turut menyukseskan gelaran Forum Bisnis Bertema Akses Modal dan Pemasaran bagi Koperasi dan Usaha Mikro. Berlokasi di Ruang Rapat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, forum bisnis yang dilaksanakan pada 28 September 2021 ini mengundang beberapa koperasi, usaha mikro, dan asosiasi usaha di Kabupaten Pasuruan.

Rangkaian forum bisnis dibuka oleh Triono Isdianto selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi โ€œTanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)โ€ oleh Juju Juarsih dari PT Pelabuhan Indonesia III Regional Jawa Timur.

Materi forum bisnis berlanjut membahas โ€œImpor Dan Ekspor Personal Atau Corporate, Larangan Pembatasan, dan Kemudahan Impor Tujuan Eksporโ€ yang disampaikan oleh Danang seno Bintoro selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IV Bea Cukai Pasuruan.

Terakhir, Ketua Pengurus KSPPS BMT UGT Nusantara, Abdul Majid Umar, membahas โ€œAkses Modal dan Pemasaran bagi Koperasi dan Usaha Mikro di Era Teknologi Digitalโ€ yang kemudian ditutup dengan forum diskusi bersama peserta.

Banyak sekali peserta yang tertarik terhadap pemaparan materi yang disampaikan oleh Danang. Sejumlah pengurus koperasi dan pemilik usaha mikro mengajukan berbagai pertanyaan seputar kiat menembus pasar global. Semakin banyak di antara peserta yang memahami bahwa pada dasarnya ekspor itu mudah.

Harapannya, forum bisnis yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan ini dapat menjembatani pengusaha di Kabupaten Pasuruan untuk dapat mengembangkan bisnis di pasar domestik, terlebih di pasar internasional.

(PLI BC Pasuruan)

#EksporItuMudah
#PEN
#BeaCukaiMakinBaik
#๐˜ž๐˜ฆ๐˜š๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ฆ๐˜‰๐˜บ๐˜๐˜ฆ๐˜ข๐˜ณ๐˜ต
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM