𝗧𝗲𝗿𝘂𝘀 𝗚𝗲𝗻𝗰𝗮𝗿 𝗣𝗲𝗿𝗶𝗸𝘀𝗮 𝗣𝗮𝗯𝗿𝗶𝗸 𝗥𝗼𝗸𝗼𝗸, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗧𝗲𝗿𝗮𝗽𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗱𝗼𝗺𝗮𝗻 𝗦𝗘-25/𝗕𝗖/2020

Pasuruan – Dengan terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-25/BC/2020 tentang Pedoman Analisis Dokumen dan Pemeriksaan Pabrik Hasil Tembakau, Bea Cukai Pasuruan gencar lakukan analisis dokumen dan pemeriksaan di pabrik rokok. Sebagaimana diketahui bersama, Pengusaha Hasil Tembakau yang merupakan salah satu obyek cukai, harus memenuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Cukai.

Sebagai bukti penerapaan Surat Edaran tersebut, Bea Cukai Pasuruan telah melaksanakan analisis dokumen cukai dan pemeriksaan pabrik rokok pada hari Rabu dan Jumat, 15 dan 17 September 2021 yang berlokasi pada beberapa pabrik rokok di wilayah Pasuruan. Proses analisis dokumen cukai ini dilaksanakan dengan meneliti dan membandingkan data-data yang berhubungan dengan cukai baik dalam bentuk data elektronik maupun manual di atas formulir. Kegiatan analisis dokumen cukai dan pemeriksaan pabrik rokok akan terus berlangsung hingga beberapa pekan ke depan.

Penerapan SE-25/BC/2020 ini bertujuan untuk memberikan pedoman kepada Pejabat Bea dan Cukai dalam melakukan analisis dokumen cukai dan pelaksanaan pemeriksaan terhadap pabrik hasil tembakau serta untuk meningkatkan kepatuhan Pengusaha pabrik hasil tembakau dan meminimalisasi terjadinya pelanggaran ketentuan di bidang cukai. Kegiatan analisis dan pemeriksaan tersebut dilaksanakan oleh tim gabungan Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Seksi Penindakan dan Penyidikan, Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, serta Seksi Kepatuhan Internal.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan lapangan sebagai tindak lanjut atas hasil analisis dokumen cukai, dalam hal ini Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan menunjuk Tim Pejabat Bea dan Cukai yang diketuai oleh Pejabat Bea dan Cukai dari unit pengawasan di lingkungan kantor Bea Cukai Pasuruan. Pemeriksaan lapangan juga dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata Bea Cukai Pasuruan di dalam mendukung program operasi Gempur Rokok Ilegal.

(PLI BC Pasuruan)

#GempurRokokIlegal
#LegalItuMudah
#StopRokokIlegal
#BeaCukaiRI