๐—ง๐—ฒ๐˜๐—ฎ๐—ฝ ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป, ๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐˜€ ๐—ฆ๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป “๐—š๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฟ ๐—ฅ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ ๐—œ๐—น๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—น” ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป

Pasuruan — Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) memiliki gagasan โ€œdari kita, oleh kita, dan untuk kitaโ€. Sejalan dengan hal tersebut penggunaan DBHCHT digunakan dengan efektif melalui 3 bidang, yakni kesejahteraan masyarakat 50%, penegakan hukum 25%, dan kesehatan 25%. Di tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendapatkan alokasi DBHCHT sekitar Rp200 Milyar, sedangkan Pemerintah Kota Pasuruan sekitar Rp17 Milyar. Dana sebesar ini diterima oleh Pemerintah Daerah sebagai dampak dari prestasi penerimaan cukai Bea Cukai Pasuruan sebagai kontribusi tertinggi se-Indonesia.

Dalam rangka mendukung optimalisasi pemanfaatan DBHCHT melalui penegakan hukum, kegiatan Gempur Rokok Ilegal masih terus digencarkan Bea Cukai Pasuruan bersama dengan Pemerintah baik di Kota maupun Kabupaten Pasuruan. Berbagai rangkaian program penegakan hukum yang dirancang oleh Pemda telah berjalan dengan Bea Cukai. Terhitung sejak tanggal 2 s.d. 6 November 2021, Bea Cukai Pasuruan bersama pemda telah melakukan Gempur Rokok Ilegal melalui kegiatan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai secara tatap muka sebanyak 9 kali.

Bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan, Diskominfo Kabupaten Pasuruan, Disperindag Kabupaten Pasuruan, hingga Diskop Kabupaten Pasuruan, menggandeng Bea Cukai Pasuruan untuk mengisi kegiatan sosialisasi tersebut. Melihat banyaknya jadwal sosialisasi tersebut, ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—ฑ๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ผ selaku ๐—ž๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—น๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ฟ ๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป menugaskan beberapa Kepala Seksi, Pejabat Fungsional, hingga pelaksana untuk melaksanakan jadwal yang telah ditentukan sekaligus sebagai wujud dukungan kegiatan Gempur Rokok Ilegal.

Berbagai lapisan masyarakat telah hadir mengikuti sosialisasi ini, dari masyarakat umum, komunitas, dan forum bisnis. Bea Cukai Pasuruan bersama dengan Pemda akan terus melaksanakan kegiatan ini hingga merata di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan. Diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan mengerti akan bahaya peredaran rokok ilegal. Oleh karena itu, Bea Cukai Pasuruan bersama pemda akan terus melakukan sosialisasi ini di seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud peran Bea Cukai dalam melindungi masyarakat.
.
(PLI BC Pasuruan)
.
#GempurRokokIlegal
#LegalItuMudah
#StopRokokIlegal
#OperasiPasar
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#๐˜ž๐˜ฆ๐˜š๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ฆ๐˜‰๐˜บ๐˜๐˜ฆ๐˜ข๐˜ณ๐˜ต
#BeaCukaiPasuruanGaspolWBBM2022