𝗧𝘂𝗿𝘂𝘁 𝗧𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗲𝘀𝗲𝗷𝗮𝗵𝘁𝗲𝗿𝗮𝗮𝗻 𝗠𝗮𝘀𝘆𝗮𝗿𝗮𝗸𝗮𝘁 𝗠𝗲𝗹𝗮𝗹𝘂𝗶 𝗗𝗕𝗛𝗖𝗛𝗧, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿𝗶 𝙇𝙖𝙪𝙣𝙘𝙝𝙞𝙣𝙜 𝗦𝗧𝗠𝗝 𝗱𝗮𝗻 𝗕𝗮𝗸𝘀𝗼 𝗦𝗮𝗸𝗲𝗿𝗮

Pasuruan – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tidak hanya digunakan untuk kegiatan sosialisasi dan operasi pasar bersama yang dilakukan Bea Cukai Pasuruan dan Pemerintah Daerah baik Kota maupun Kabupaten Pasuruan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu tindak nyata pemanfaatan DBHCHT dalam bidang penegakan hukum sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Penggunaan DBHCHT tahun ini telah memiliki ketentuan serta panduan agar dana ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan. Mengingat Bea Cukai Pasuruan menyumbang penerimaan cukai tertinggi se-Indonesia, maka Kabupaten Pasuruan memiliki DBHCHT terbesar sesuai dengan persentase cukai yang disumbangkan oleh perusahaan rokok di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Dana ini disalurkan dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah yang mendapat DBHCHT. Pemda membuat program kegiatan DBHCHT tahun anggaran 2021 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku. Dalam pemanfaatan DBHCHT ini, Bea dan Cukai hanya bertugas untuk memberikan masukan agar kegiatan yang direncanakan sesuai dengan peraturan dan memastikan kegiatan berjalan sebagaimana mestinya. Seluruh kegiatan DBHCHT ini akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing Pemda dan diawasi langsung oleh masing-masing Provinsi dan Kementerian Keuangan.

DBHCHT tahun 2021 digunakan dalam 3 (tiga) bidang, yakni kesejahteraan masyarakat 50%, penegakan hukum 25%, dan kesehatan masyarakat 25%. Di masa pandemi ini, pemerintah juga berusaha memulihkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan DBHCHT dalam bidang kesejahteraan masyarakat.

Seperti kita ketahui, terdapat pekerja yang dengan berat hati dirumahkan di masa pandemi ini. Sama hal nya di Pasuruan, banyak eks-buruh pabrik rokok yang menganggur sebagai dampak COVID-19. Akibatnya pengangguran semakin meningkat, melihat kondisi seperti ini, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan berusaha memberdayakan warga tersebut untuk bergabung dalam pelatihan usaha dengan menggunakan DBHCHT, salah satunya melalui usaha STMJ dan Bakso Sakera yang langsung di-𝘭𝘢𝘶𝘯𝘤𝘩𝘪𝘯𝘨 oleh Irsyad Yusuf selaku Bupati Pasuruan beserta para pimpinan pemerintah lainnya, termasuk 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼 selaku 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻
.
𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 berharap dengan adanya wadah ini, persentase pengangguran akibat pandemi dapat menurun dan DBHCHT dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 menyampaikan bahwa melalui aksi nyata di bidang kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan DBHCHT, merupakan salah satu bukti bahwa penerintah terus-menerus mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
.
(PLI BC Pasuruan)
.
#DBHCHT
#BaksoSakera
#STMJSakera
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanGaspolWBBM2022