Asah Kemampuan Bela Diri Karate, Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan Adakan Ujian Kenaikan Tingkat dan Penurunan Kyu

Pasuruan (27/8) – Bertempat di Halaman Kantor Bea Cukai Pasuruan, Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan menyelenggarakan ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu pada hari Senin, 26 Agustus 2019 yang diikuti oleh 39 karateka (37 pegawai dan 2 Petugas Keamanan Dalam) KPPBC TMP A Pasuruan.

Sempai Alan Marton (Dan I ASKI) selaku ketua Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan merupakan koordinator terselenggaranya ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu ini. Tim penguji terdiri dari 2 orang, yaitu :
1. Sensei Rosyid (Dan I JKA, Dan II Inkai, Dan III ASKI)
2. Sensei Alfa (Dan III JKA, Dan III Shotokai, Dan IV ASKI)

Rosyid mengatakan bahwa ujian ini dilaksanakan untuk mengasah kemampuan para karateka yang selama ini mengikuti latihan di Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan. “Selama ini kalian sudah latihan bersama, ini adalah saat untuk melaksanakan ujian kenaikan tingkat sekaligus penurunan kyu, dengan harapan, semakin gelap warna sabuk kalian maka fisik, mental dan pemikiran kalian juga semakin matang dan bersih.” Ujar Rosyid.

Materi ujian yang diberikan antara lain keterampilan dasar gerakan karate, kihon, kata, dan kihon kumite sesuai dengan tingkatan sabuk yang dimiliki. Dalam karate, warna sabuk (obi) membedakan satu karateka dengan karateka lain. Karateka dasar dimulai dari sabuk putih, sabuk yang digunakan untuk pemula dalam memulai belajar karate. Secara filosofis, perbedaan sabuk karate ini untuk menunjukkan bahwa karateka harus menjunjung tinggi sikap saling menghormati satu sama lain.

Dari 39 karateka yang mengikuti ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu, semua dinyatakan lulus sesuai dengan tingkatan kyu masing-masing. Alan Marton mengatakan bahwa terselenggaranya ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu ini adalah hasil kerja sama yang baik antara seluruh pegawai yang sekaligus karateka di Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan.

“Saya ucapkan selamat untuk seluruh karateka yang berhasil lulus, serta terimakasih untuk semua yang telah mendukung terselenggaranya ujian kenaikan tingkat dan penurunan kyu hari ini, terutama untuk Kepala Kantor kita, yang selalu memberikan dukungan untuk kemajuan karate di Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan.” Ucap Alan selaku ketua Dojo ASKI Bea Cukai Pasuruan.