Bea Cukai Blusukan ke Pasar?

Pasuruan (11/9) – Dalam rangka melakukan pemantauan terhadap peredaran Barang Kena Cukai (BKC) di masyarakat, Kantor Bea Cukai Pasuruan mengadakan giat Operasi Pasar di Pasar Purwosari dan Pasar Wonorejo Kabupaten Pasuruan pada Rabu – Kamis, 4-5 September 2019 untuk melakukan pengawasan terkait peredaran Barang Kena Cukai (BKC) yang terdapat di Kabupaten Pasuruan.

Operasi Pasar ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap dua bulan sekali oleh tim gabungan Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Seksi Penindakan dan Penyidakan serta Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Pasuruan dengan sasaran pasar tardisional yang berada di wilayah pengawasan Kantor Bea Cukai Pasuruan.

Syafii Romli selaku Kepala Subseksi Penyuluhan mengatakan bahwa Operasi Pasar ini merupakan salah satu sarana untuk mengetahui Harga Jual Eceran (HJE) BKC yang berlaku di pasaran serta memantau peredaran rokok ilegal. “(Operasi Pasar) ini merupakan langkah kita untuk mengawasi dan memonitoring bagaimana harga penjualan rokok yang ada di pasaran dan tentunya peredaran rokok ilegal.” Ujar Syafii.

Dalam pelaksanaan Operasi Pasar tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh para penjual eceran yang ada di Pasar Purwosari dan Pasar Wonorejo. Petugas dari Bea Cukai Pasuruan memberikan himbauan, arahan dan pembinaan terkait dengan karakteristik rokok ilegal dan ketentuan cukai tahun 2019.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendukung tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan serta mencegah peredaran rokok ilegal yang ada di masyarakat untuk mewujudkan Bea Cukai Makin Baik.