Bea Cukai Menjadi Narasumber Dalam Rangka Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Pasuruan (19/11) Bea Cukai Pasuruan hadir sebagai narasumber pada acara Jalan Sehat Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Dengan titik Start/Finish Bertempat di Helipad PT. Trisakti Purwosari Makmur, Purwosari, Kabupaten Pasuruan, acara yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 16 November 2019 diikuti oleh 10 ribu peserta tersebut berlangsung meriah.

Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan dalam sambutannya menyampaikan bahwa terwujudnya acara ini sebagai bentuk pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pasuruan tahun 2019, “Bea Cukai Pasuruan berhasil mengumpulkan 51 Trilyun Cukai dari pabrik pabrik rokok di Pasuruan, dari jumlah itu sekitar 170 Milyar dikembalikan ke Kabupaten Pasuruan dalam bentuk DBHCHT yang dimanfaatkan untuk pembangunan sarana kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan fasilitas umum serta salah satunya sosialisasi berantas rokok ilegal ini.” Ujar pria yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut.

Pada kegiatan Jalan sehat tersebut, hadir sebagai pembicara adalah Kepala KPPBC TMP A Pasuruan, Hannan Budiharto. Di hadapan 10 ribu peserta jalan sehat, Hannan mengungkapkan bahwa semua elemen masyarakat dapat berperan dalam memberantas peredaran rokok ilegal. “Ibu ibu misalnya, di rumah coba perhatikan rokok bapak, ada pitanya atau tidak? Dan jangan mau jika ada yang menawarkan untuk membeli rokok yang tidak berpita cukai, pita cukainya palsu, pita cukainya bekas atau yang bukan peruntukannya, segera laporkan ke aparat setempat. Dan yang paling penting, jangan membuat rokok tanpa izin.” Pungkas Hannan.

Kegiatan sosialisasi yang dikemas dalam bentuk Jalan Sehat ini, merupakan sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat secara luas mengenai komitmen Bea Cukai dalam memberantas peredaran rokok ilegal.