Bea Cukai Pasuruan Adakan Forum Diskusi Monev Kawasan Berikat dan Pembinaan IT Inventory

Pasuruan (19/6) – Dalam rangka memastikan fasilitas yang telah diberikan dapat dipertanggungjawabkan, Bea Cukai Pasuruan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) monitoring dan evaluasi pengguna fasilitas Kawasan Berikat dan pembinaan IT Inventory, pada hari Selasa (18/6) di Hall 3 Ballroom Hotel Horison Pasuruan.

Acara FGD ini diikuti oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) – Jawa Timur, tiga perwakilan dari masing-masing Perusahaan PKB/PDKB yang memahami bagian Expor-Impor, Accounting dan IT serta Kepala Sub Seksi Hanggar.

Hadir sebagai narasumber sesi I (Monitoring dan Evaluasi Kawasan Berikat), Pitoyo Pribadi selaku Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) VII, dan Danang Seno Bintoro selaku Kasi PKC IV yang menyampaikan materi pada sesi II (Pembinaan IT Inventory). Lihat bahan presentasi

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan, Sugeng Harianto. Dalam sambutannya, Sugeng menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan forum. “Tujuan adanya monev terhadap Kantor Wiayah dan Kantor Pabean adalah memastikan fasilitas yang diberikan kepada pengguna fasilitas Kawasan Berikat dapat dipertanggungjawabkan, serta pengawasan yang efektif mendukung operasional perusahaan.” ujar Sugeng.

Forum diskusi dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait monitoring dan evaluasi Kawasan Berikat dan IT Inventory.“Pada tanggal 30 November 2019, IT Inventory Perusahaan Kawasan Berkat diharapkan sudah dilakukan secara subsistem (satu database).” Ujar Kepala Seksi Pabean dan Cukai IV, Danang.

Dalam FGD ini, Pengusaha Kawasan Berikat pun turut aktif dalam memberi masukan dan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Seperti Doni dari PT ISEKI Pasuruan yang menanyakan tentang kendala terkait cut off data dan progres 30 November 2019.

“Kendala yang banyak dialami adalah terkait cut off, silahkan perusahaan menentukan sendiri kapan waktu untuk cut off, asalkan per 30 November 2019 sudah wajib subsistem” jawab danang.

Dengan adanya forum group discussion ini, Bea Cukai dan Pengusaha Kawasan Berikat dapat saling bekerja sama dan menguntungkan secara mutual.