Bea Cukai Pasuruan Adakan Pemeriksaan Fisik Hasil Produksi Rusak (Reject) PT. Sorini Agro Asia Corporindo

Pasuruan (8/8) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019 Bea Cukai Pasuruan mengadakan pemeriksaan fisik terhadap barang hasil produksi yang rusak (reject) PT. Sorini Agro Asia Corporindo yang beralamat di Jalan Raya Surabaya – Malang KM 43, Ngerong, Gempol, Pasuruan.

Jani Lui Manarintar Sitanggang dan Muchammad Fikri selaku pegawai Seksi Perizinan Kepabeanan dan Cukai yang melaksanakan kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan kesesuaian jumlah dan jenis barang dengan dokumen yang diajukan.

PT. Sorini Agro Asia Corporindo adalah perusahaan yang berdiri pada tahun 1983, dan pada tahun 1992 menjadi perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya). Saat ini PT. Sorini Agro Asia Corporindo merupakan salah satu produsen Sorbitol terkemuka di dunia, yang memproduksi Starch (tepung) dan Starch Sweeteners (pemanis) termasuk Sorbitol Syrup dan Sorbitol Powder, Maltitol, Dextrose Monohydrate, Maltose Syrup, dan Maltodextrine.

Pemeriksaan fisik ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 176/PMK.04/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 254/PMK.04/2011 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang dan Bahan Untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang pada Barang Lain dengan Tujuan Untuk Diekspor, pada pasal 17 butir 10 – 12 yang berbunyi :
(10) Atas Hasil Produksi rusak atau reject, harus dimusnahkan atau dirusak;
(11) Atas Bahan Baku rusak atau reject, sehingga tidak dapat diolah, dirakit, dipasang, harus dimusnahkan atau dirusak atau diekspor;
(12) Hasil perusakan Hasil Produksi rusak atau reject sebagaimana dimaksud pada ayat (10) dan Bahan Baku rusak atau reject sebagaimana dimaksud pada ayat (11) diperlakukan sebagai waste/scrap.

Dengan adanya pemeriksaan fisik terhadap barang hasil produksi yang rusak (reject) PT. Sorini Agro Asia Corporindo ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kantor Bea Cukai Pasuruan kepada pengguna jasa, terutama terkait dengan pemberian fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).