Bea Cukai Pasuruan Bekali Bea Cukai Muda Peserta PTKC Gelombang Kedua

Pasuruan (7/11) – Bea Cukai sebagai salah satu instansi yang terus melakukan reformasi dan re-generasi, hari ini Bea Cukai Pasuruan kembali mendapat tamu istimewa dari Balai Diklat Keuangan Malang yaitu 30 siswa peserta Pelatihan Teknis Kepabeanan dan Cukai (PTKC). Rencananya, ke-30 siswa tersebut akan melaksanakan kunjungan lapangan di Kantor Bea Cukai Pasuruan selama 2 hari terhitung sejak tanggal 6-7 November 2019.

Berbekal teori-teori yang telah didapat dalam pembekalan yang telah mereka lakukan sebelumnya, 30 siswa ini datang dengan agenda observasi lapangan untuk mengetahui apa yang terjadi di wilayah kerja Bea Cukai itu sendiri. Siswa tersebut diterima dan disambut langsung oleh Kepala KPPBC TMP A Pasuruan, Hannan Budiharto. “Dengan observasi lapangan ini diharapkan para siswa dapat mengerti apa yang terjadi di lapangan secara langsung, dan mengerti terkait kebijakan-kebijakan yang diambil oleh kantor.” ujar Hannan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi sebagai berikut :

1. Materi Pengawasan Kepabeanan dan Cukai yang dibawakan oleh Nanang Sekti Wibowo selaku Kepala Subseksi Penyidikan dan BHP
2. Materi Kawasan Berikat yang dibawakan oleh Danang Seno Bintoro selaku Kepala Seksi PKC IV
3. Materi Target & Realisasi Penerimaan yang dibawakan oleh Puspita Endah Buana selaku Kepala Seksi Perbendaharaan

Di hari pertama kunjungannya ke Bea Cukai Pasuruan, para siswa yang melaksanakan PTKC ini mendapat kesempatan untuk mengunjungi ruang kerja dibeberapa seksi. Mulai dari ruang monitoring dan CCTV Seksi P2, ruang Seksi Perbendaharaan, serta Front desk Bea Cukai Pasuruan.

Pada hari ke-2, 30 siswa peserta PTKC melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi beberapa fokus kerja KPPBC TMP A Pasuruan, diantaranya:
1. CV. Bahtera Sejahtera Tobacco yang merupakan pabrik hasil tembakau golongan III
2. PT. Easterntex yang merupakan penerima fasilitas Kawasan Berikat
3. PT. Yamaha Musical Product Indonesia yang mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat Mandiri

Dengan berakhirnya kunjungan di 3 perusahaan ini, sekaligus mengakhiri pula rangkaian acara kunjungan lapangan peserta PTKC Balai Diklat Keuangan Malang ke Kantor Bea Cukai Pasuruan, semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat menjadi bekal untuk meningkatkan keterampilan dalam mengabdi pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.