Bekali Petugas di Pemkot Pasuruan, Bea Cukai Pasuruan Kenalkan Pita Cukai

Pasuruan (6/9) – “Gempur Rokok Ilegal” terus digaungkan Bea Cukai kepada masyarakat untuk turut mendukung program pemerintah dalam menekan angka peredaran rokok ilegal, penggunaan cukai palsu, cukai bekas serta penggunaan cukai yang tidak sesuai dengan peruntukannya, yang berdampak pada kerugian negara.

Seperti Alan Marton, selaku Kepala Subseksi Intelijen Bea Cukai Pasuruan mendapat kesempatan untuk menyampaikan pembekalan identifikasi pita cukai kepada perwakilan perangkat masing-masing kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Senin (02/09/19) di Ruang Rapat Unsur Kantor Sekretariat Daerah Kota Pasuruan.

Pembekalan ini diselenggarakan oleh Dinas Perekonomian Kota Pasuruan dengan memanfaatkan DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau). “Dengan adanya DBHCHT diharapkan Aparatur Sipil Negara di kelurahan dan masyarakat lebih peduli terhadap pemberantasan rokok ilegal. Karena DBHCHT dirasakan oleh semua masyarakat, yaitu BPJS, perbaikan sarana dan prasarana kesehatan, perbaikan jalan.” Jelas Alan.

Rencananya dalam waktu dekat, akan diadakan operasi pasar gabungan antara Bea Cukai Pasuruan dan Bidang Perekonomian Pemkot Pasuruan untuk lebih memaksimalkan pemberantasan rokok ilegal di Kota Pasuruan. Alan pun menghimbau kepada peserta pembekalan apabila menjumpai penjual atau produksi rokok ilegal agar segera dilaporkan ke Bea Cukai Pasuruan.

“Karena aparat yang berhak melakukan penindakan dan penyidikan terhadap rokok ilegal adalah Dirjen Bea dan Cukai.” Terang Alan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pemberantasan rokok ilegal di Kabupaten Pasuruan dapat dilakukan dengan maksimal.