Hadiri Pemusnahan Barang Bukti, Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan “Kita Sikat Rokok Ilegal!”

PASURUAN (11/4) Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan menghadiri acara Pemusnahan Barang Bukti hasil Perkara Narkotika, Obat-Obatan Terlarang, Tindak Pidana Cukai dan Minuman Keras pada hari Rabu tanggal 10 April 2019 di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan. Pemusnahan ini diselenggarakan sehubungan dengan pelaksanaan Putusan Pengadilan terkait perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Hadir dalam acara ini Kepala BNN Kabupaten Pasuruan, Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN) Pasuruan dan juga Kepolisian Resor Pasuruan. Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penyelesaian perkara oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan berdasar atas pengajuan dari BNN, Kepolisian dan Bea Cukai sejumlah 124 Perkara seksi tindak pidana umum yang sudah berkekuatan hukum tetap pada tahun 2018.

“Yang menonjol adalah dari cukai rokok, sudah sekian banyak kerjasama yang telah kita lakukan di tahun 2018 bentuk sinergi yang baik antara Kejaksaan dengan Bea Cukai.” Ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

Pada tahun 2018, terdapat 4 perkara hasil penindakan Bea Cukai Pasuruan yang diajukan penyelesaiannya kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan dengan total kerugian Negara mencapai Rp. 3.042.339.600 dengan perkara pelekatan pita cukai palsu dan pengepakan BKC Hasil Tembakau tanpa izin sejumlah 3.699.920 batang.

Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan mengungkapkan bahwa barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan dari luar Kabupaten Pasuruan. “Untuk saat ini yang dimusnahkan adalah hasil tangkapan dari luar kota, untuk lokal belum kita dapatkan. Kalau ada infokan saja, kami akan sikat semua pemain rokok illegal.” Ujar Sugeng Harianto.