Mengudara di Radio, Bea Cukai Pasuruan Kenalkan Cukai ke Masyarakat

PASURUAN (23/4) Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait cukai serta pengendalian peredaran rokok ilegal, Kantor Bea Cukai Pasuruan melaksanakan sosialisasi dalam bentuk talk show yang disiarkan secara langsung oleh stasiun radio swasta Star FM area Pasuruan pada hari Selasa, 23 April 2019 pada pukul 10.00 – 11.00 WIB.

Mengusung tema “Legal Itu Mudah” selama sesi talk show dibahas mengenai pengenalan cukai, cara mendapatkan izin NPPBKC, karakteristik rokok ilegal, hukuman atau sanksi bagi pelanggar, serta media pelaporan apabila menemukan adanya pelanggaran. Hadir sebagai narasumber, Edi Budi Santoso selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Nanang Sekti Wibowo selaku Kepala Subseksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan.

Edi menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada Bea Cukai Pasuruan apabila mengetahui adanya pelanggaran dibidang cukai. “Kami mengharapkan kesadaran serta partisipasi dari masyarakat luas untuk tidak menggunakan, mengkonsumsi, membeli atau menjual rokok illegal. Jadi mulai sekarang produksi dan belilah rokok legal!” Ucap Edi.

Diakhir sesi talk show, terdapat dialog interaktif melalui sosial media dengan para pendengar siaran radio. Beberapa diantara mereka menanyakan terkait media pelaporan pelanggaran. “Mata kita terbatas, anggota kita terbatas, telinga kita pun juga terbatas. Kita bisa tau dimana ada pelanggaran itu adalah dari masyarakat. Kami meminta bantuan kepada masyarakat untuk berperan aktif memberikan informasi kepada kami apabila melihat pelanggaran memproduksi maupun mengedarkan rokok illegal melalui nomor telepon 0343-747979 ext 115.” Jelas Nanang.