[PERS] Bupati Pasuruan Usul Aturan Penggunaan Dana Cukai Dipermudah

3d78e51e-74e9-4083-bd98-608e1a68acc1_43Pasuruan – Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad mengusulkan agar aturan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (BHCT) dipermudah sehingga pemerintah daerah lebih bisa mengoptimalkan uang tersebut untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Hal itu disampaikan Gus Irsyad kepada Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi saat pemusnahan 30 juta batang rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Pasuruan, Komplek PT PIER, Rembang, Pasuruan, Jumat (2/8/2016).

“Saya titip satu ke Pak Dirjen ini (agar disampaikan ke atasannya). Dana cukai kita (Pemkab Pasuruan) luar biasa. Namun penggunaannya sebagian besar belum terserap sepenuhnya. Harusnya dimanfaatkan dalam bentuk block grant sehingga bisa optimal,” kata Gus Irsyad.

Ia memaparkan bahwa Kabupaten Pasuruan termasuk 169 daerah yang mengalami penangguhan pencairan Dana Alokasi Umum (DAU). Salah satu penyebabnya adanya Rp 203 miliar DBHCT yang mengendap di Kas Daerah. Pemanfaatan dana tersebut diatur Peraturan Menteri dan Pemkab Pasuruan sangat berhati hati sehingga menjadi Silpa.

“Jika dimafaatkan dalam bentuk block grant sesuai kebutuhan daerah maka lebih optimal pemanfaatannya. Ayo diawasi bersama,” tandasnya.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi menanggapi positif usulan Bupati Irsyad dan akan meneruskannya ke Menteri. “Dengan banyaknya rokok ilegal yang disita maka dana bagi hasil cukai akan naik dan lebih bisa dimanfatkan,” kata Heru.

Di Kabupaten Pasuruan terdapat 37 industri rokok yang menyumbang Rp 40,1 triliun dari total pendapatan hasil cukai nasional. Akumulasi DBHCT Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 203 miliar.

Selain DBHCT, penyebab lain penangguhan DAU karena adanya dana Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) senilai hampir Rp 135 miliar yang belum dicairkan. Sebelum adanya penangguhan, Bupati Pasuruan sudah mengirim surat klarifikasi ke Menteri Keuangan tentang adanya dana yang mengendap di Kasda tersebut.

DAU Kabupaten Pasuruan per tahun 2016 mencapai Rp 1,2 triliun. Dengan adanya PMK ini, DAU Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 32,6 miliar per bulan sementara ditahan pusat sampai 4 bulan mendatang. Total dana yang ditunda mencapai Rp 130,4 miliar.

(mkl/mkl)

Source: http://finance.detik.com/read/2016/09/02/191705/3290057/4/bupati-pasuruan-usul-aturan-penggunaan-dana-cukai-dipermudah
Date: Jumat, 02/09/2016 19:17 WIB

Add Comment