[PERS] Rokok Ilegal Berhasil Diamankan di Jawa Timur

u0l8saflINFO BISNIS – Sepanjang Januari – Agustus 2016, Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I gencar melakukan penindakan barang kena cukai (BKC) hasil tembakau. Barang bukti berupa 30.821.120 batang rokok ilegal berhasil diamankan.

Modus pelanggaran adalah rokok dilekati pita cukai bekas, pita cukai palsu,  pita cukai curian (personalisasi), dan rokok tanpa pita cukai. Potensi kerugian negara dari kegiatan rokok ilegal ini mencapai Rp 7.618.130.450.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengungkapkan, hasil penindakan tersebut sebagai Barang Milik Negara untuk dimusnahkan, karena hasil penelitian menunjukkan tidak ditemukan pelakunya.

Persetujuan pemusnahan dari Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara telah diterbitkan nelalui surat dengan nomor : S-296/MK.6/2016 tertanggal 24 Agustus 2016.

Pemusnahan secara keseluruhan akan dilakukan di lokasi tempat pemusnahan CV. Tri Surya Plastik, Jalan Sumber Suko 842, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, dengan cara dibakar sampai tidak mempunyai nilai ekonomis.

Modus pelanggaran lain, rokok dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya, yaitu rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dilekati pita cukai sigaret kretek tangan (SKT). Untuk modus ini, petugas telah melakukan penegahan terhadap 635 karton rokok, dan pelanggar dikenai sanksi administrasi berupa denda dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai.

Menurut Heru, tindakan atas pelanggaran rokok berpita cukai palsu sebanyak delapan rim (480.000 keping), telah dilakukan penyidikan dengan menetapkan empat orang tersangka. Saat ini berkas perkara telah dinyatakan lengkap (P21) dan telah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa selama periode Januari hingga Agustus 2016, Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I telah melakukan sembilan penyidikan tindak pidana cukai dan tujuh berkas sudah dinyatakan lengkap atau P21,” kata Heru. (*)

Source: https://bisnis.tempo.co/read/news/2016/09/02/280801164/rokok-ilegal-berhasil-diamankan-di-jawa-timur
Date: Jum’at, 02 September 2016 | 16:40 WIB

Add Comment