Selalu Dukung Implementasi PUG, Bea Cukai Pasuruan Kembali Adakan P2KP

Pasuruan (15/10) – Dalam rangka meningkatkan keterampilan pegawai untuk meningkatkan tugas dan fungsi pelayanan, menambah wawasan dan pengetahuan pegawai, Kantor Bea Cukai Pasuruan mengadakan Program Pembinaan dan Keterampilan Pegawai (P2KP) dengan tema Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Lingkungan Kementerian Keuangan pada hari Kamis, 10 Oktober 2019.
Acara ini dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Pasuruan dan dihadiri oleh seluruh pegawai serta menghadirkan pemateri dari Tim Pokja PUG Bea Cukai Pasuruan. Hannan Budiharto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan mengatakan bahwa program Pengarusutamaan Gender (PUG) harus terus kita dukung pelaksanaannya di Kantor Bea Cukai Pasuruan. “Sebagaimana program yang sedang gencar dilakukan instansi dibawah Kementerian Keuangan, Saya ingin penerapan PUG di Bea Cukai Pasuruan harus kita dukung bersama” Ujar Hannan dalam sambutannya.
Acara diawali dengan pre-test yang dipandu oleh Nurasiah dan Sarham Sukur Pelu selaku Tim Pokja PUG Bea Cukai Pasuruan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Dalam paparannya, Sarham mengatakan bahwa banyak anggapan yang salah terkait dengan gender dan jenis kelamin. “Selama ini nilai-nilai gender di masyarakat itu sangat bias, salah satunya adalah bila selama ini ada anggapan bahwa perempuan itu hanya menjadi ibu rumah tangga, ngurusi anak maupun rumah tangga, sehingga tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, sedangkan laki-laki kerjanya diluar atau public , padahal itu adalah penilaian yang keliru.” Ujar Sarham.
Dengan adanya P2KP dengan tema Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Lingkungan Kementerian Keuangan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat para pegawai Bea Cukai Pasuruan untuk menerapkan nilai-nilai PUG di lingkungan kerja.