Selenggarakan P2KP Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG), Bea Cukai Pasuruan Datangkan Guru Besar Universitas Airlangga

PASURUAN(18/4) Dalam rangka meningkatkan keterampilan pegawai untuk meningkatkan tugas dan fungsi pelayanan, menambah wawasan dan pengetahuan pegawai, Kantor Bea Cukai Pasuruan mengadakan Program Pembinaan dan Keterampilan Pegawai (P2KP) dengan tema Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) pada hari Kamis, 18 April 2019.

Acara ini dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Pasuruan dan dihadiri oleh seluruh pegawai serta menghadirkan salah satu Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya.

Prof. Dr. Emy Susanti, Dra., MA. yang merupakan salah satu aktivis Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia adalah narasumber pada acara ini. Perempuan yang pernah mendapat Penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX ini mempunyai latar belakang yang kuat mengenai kesetaraan gender dengan berbagai kajian dan penelitian yang telah ia lakukan. Dalam acara ini, Emy menjelaskan bagaimana peran perempuan dalam dunia pekerjaan, termasuk salah satunya di Kantor Bea Cukai Pasuruan.

“Sudah nggak jamannya lagi, laki-laki boleh begini tapi perempuan nggak boleh begitu. Laki-laki maupun perempuan punya hak dan kedudukan yang sama dalam mengambil peran dan posisinya di dunia pekerjaan.” ucap Emy.

Menurutnya, Kementerian Keuangan sendiri sudah sangat maju dalam mengimplementasikan PUG, terlebih saat jabatan Menteri Keuangan dipegang oleh seorang perempuan yang menunjukkan bahwa implementasi nyata PUG di Kementerian Keuangan sudah berjalan.

Diakhir acara, terdapat sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para pegawai. Beberapa diantaranya menanyakan mengenai kedudukan perempuan yang bekerja dalam menjalankan peran sebagai seorang pegawai dan juga ibu rumah tangga.

Dengan adanya acara ini, diharapkan agar seluruh pegawai Kantor Bea Cukai Pasuruan dapat memahami dan menerapkan pengarusutamaan gender sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 10 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan PMK Nomor 94/PMK.02/2017 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga dan Pengesahan DIPA.