Terima Penjelasan Tentang Cukai, Warga di Tiga Desa Penuhi Kantor Kelurahan

Pasuruan (2/9) – Gerakan “Gempur Rokok Ilegal!” yang digaungkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, perlahan mulai menembus warga desa di Kabupaten Pasuruan. Menggandeng Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Kantor Bea Cukai Pasuruan melaksanakan sosialisasi dan penyampaian informasi terkait dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai kepada masyarakat di tiga desa di Kabupaten Pasuruan pada hari Senin – Rabu, 26-28 Agustus 2019.

Edi Budi Santoso selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi bertugas untuk menjadi narasumber bersama dengan perwakilan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasuruan. Pada kesempatan ini turut hadir pula Komandan Koramil serta Kepala Polsek dari masing-masing kecamatan sebagai bentuk sinergi dan kerja sama dalam memberantas peredaran rokok illegal di Kabupaten Pasuruan.

Adapun ketiga desa tersebut adalah :
1. Balai Desa Lorokan, Kecamatan Kejayan pada tangal 26 Agustus 2019
2. Balai Desa Wonosari, Kecamatan Gondangwetan pada tanggal 27 Agustus 2019
3. Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang pada tanggal 28 Agustus 2019.

Edi menjelaskan bahwa peredaran rokok ilegal di Kabupaten Pasuruan harus terus dicegah dan dihentikan. “Dana cukai yang dibayarkan ini nantinya akan dikembalikan lagi ke masyarakat di Kabupaten Pasuruan dalam bentuk DBHCHT atau Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang salah satunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemerintahan, oleh karena itu peredaran rokok ilegal harus terus kita cegah supaya tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran terkait dengan ketentuan cukai.” Ujar Edi.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi terkait dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai kepada masyarakat ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi kepada masyarakat serta memperkuat sinergi antara Bea Cukai Pasuruan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan serta aparat penegak hukum dalam memberantas rokok ilegal dalam rangka mewujudkan Bea Cukai Makin Baik.