Tingkatkan Pelayanan Fasilitas KITE, Bea Cukai Pasuruan Awasi Perusakaan Bahan Baku PT. Tirta Fresindo Jaya

Pasuruan (7/8) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa terkait fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), Kantor Bea Cukai Pasuruan mengadakan pengawasan perusakan bahan baku (wip reject) PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) pada tanggal 26 – 29 Juli 2019 yang dilaksanakan oleh Gito Hidayat serta Abid Aditya Savan dari Seksi Perizinan.

PT. Tirta Fresindo Jaya merupakan anak perusahaan PT. Mayora Indah Tbk yang berdiri pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang. Saat ini PT. Mayora Indah Tbk memproduksi dan memiliki 6 devisi yang masing-masing menghasilkan produk dengan jenis yang berbeda namun terintegrasi.

Pengawasan yang dilakukan ini sejalan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 176/PMK.04/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 254/PMK.04/2011 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang dan Bahan Untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang pada Barang Lain dengan Tujuan Untuk Diekspor, pada pasal 5 – 7 yang berbunyi :
(5) Barang dan Bahan Rusak, yang karena sifat barang tersebut tidak dapat dimusnahkan, dan tidak dapat di ekspor kembali atau dikembalikan, diselesaikan dengan cara dirusak;
(6) Barang dalam proses (work. in process) rusak dan Hasil Produksi Rusak, yang karena sifat barang tersebut tidak dapat dimusnahkan, diselesaikan dengan cara dirusak;
(7) Penyelesaian dengan cara dirusak sebagaimana dimaksud pada ayat (5) dan (6) dilakukan di bawah pengawasan Kantor Pabean yang mengawasi lokasi tempat pengolahan atau pabrik.

Gito mengungkapkan bahwa PT. Tirta Fresindo Jaya rutin melakukan perusakan bahan baku dalam kurun waktu tertentu. “Hampir tiap 2 minggu sekali PT. Tirta Fresindo Jaya melakukan perusakan bahan baku atau wip reject, dan disana kita lakukan pengawasan terkait kesesuaian bahan yang dirusak dengan dokumen yang diajukan serta proses perusakannya.” Ujar Gito.

Dengan adanya pengawasan terhadap perusakan bahan baku (wip reject) PT. Tirta Fresindo Jaya ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kantor Bea Cukai Pasuruan kepada pengguna jasa, terutama terkait dengan pemberian fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).