𝗔𝗱𝗮𝗸𝗮𝗻 𝙀𝙣𝙩𝙧𝙮 𝙈𝙚𝙚𝙩𝙞𝙣𝙜, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗥𝘂𝗺𝘂𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗼𝗻𝘁𝗲𝗸𝘀 𝗠𝗮𝗻𝗮𝗷𝗲𝗺𝗲𝗻 𝗥𝗶𝘀𝗶𝗸𝗼 𝗧𝗮𝗵𝘂𝗻 2022

Pasuruan – Dalam menjalani kegiatan apapun, terdapat risiko yang menyertai. Risiko adalah bahaya, akibat, atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Tentu untuk meminimalisasi adanya risiko itu adalah dengan melaksanakan pengelolaan atau manajemen risiko.

𝘙𝘪𝘴𝘬 𝘔𝘢𝘯𝘢𝘨𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵 atau Manajemen Risiko merupakan suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya, dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumber daya.

Dalam rangka melaksanakan pengelolaan Manajemen Risiko, Kantor Bea Cukai Pasuruan melaksanakan 𝘌𝘯𝘵𝘳𝘺 𝘔𝘦𝘦𝘵𝘪𝘯𝘨 Perumusan Konteks Manajemen Risiko (MR) Tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 24 November 2021 secara hybrid (melalui zoom meetings dan secara langsung di Media Center Bea Cukai Pasuruan) dengan dipimpin secara langsung oleh 𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼 selaku 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 yang sekaligus menjabat sebagai 𝗣𝗶𝗺𝗽𝗶𝗻𝗮𝗻 𝗨𝗻𝗶𝘁 𝗣𝗲𝗺𝗶𝗹𝗶𝗸 𝗥𝗶𝘀𝗶𝗸𝗼 (𝗨𝗣𝗥).

Adapun dalam rapat ini dibahas mengenai perumusan konteks Manajemen Risiko Tahun 2022 dengan turut dihadiri oleh seluruh Koordinator Risiko yang berada di Kantor Bea Cukai Pasuruan. Pada kesempatan yang sama, Danang Seno Bintoro yang merupakan Manajer Risiko Kantor Bea Cukai Pasuruan menyampaikan beberapa evaluasi atas pelaksanaan MR tahun berjalan dan sekaligus membantu Pimpinan UPR dalam merumuskan konteks Manajemen Risiko Tahun 2022.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah yang tepat dalam menghadapi berbagai risiko yang dapat muncul di waktu mendatang dalam melaksanakan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta menjadi sarana untuk meminimalisasi dampak yang akan muncul dari risiko tersebut sebagai perwujudan Bea Cukai yang Makin Baik!

(PLI BC Pasuruan)