𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗠𝗼𝗻𝗲𝘃 𝗔𝗘𝗢 𝗣𝗧 𝗦𝗰𝗮𝗻𝗱𝗶𝗻𝗮𝘃𝗶𝗮𝗻 𝗧𝗼𝗯𝗮𝗰𝗰𝗼 𝗚𝗿𝗼𝘂𝗽

Pasuruan – Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-4/BC/2015 tentang Tata Cara Pemberian Pengakuan Kepabeanan Sebagai Operator Ekonomi Bersertifikat (𝘈𝘶𝘵𝘩𝘰𝘳𝘪𝘻𝘦𝘥 𝘌𝘤𝘰𝘯𝘰𝘮𝘪𝘤 𝘖𝘱𝘦𝘳𝘢𝘵𝘰𝘳), yang disebut sebagai Operator Ekonomi Bersertifikat (𝘈𝘶𝘵𝘩𝘰𝘳𝘪𝘻𝘦𝘥 𝘌𝘤𝘰𝘯𝘰𝘮𝘪𝘤 𝘖𝘱𝘦𝘳𝘢𝘵𝘰𝘳) yang selanjutnya disebut AEO adalah Operator Ekonomi yang mendapat pengakuan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sehingga mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu. PT Scandinavian Tobacco Group yang terletak di Kabupaten Pasuruan dan beberapa wilayah Indonesia lainnya merupakan pengguna jasa yang telah menerima pengakuan sebagai AEO sejak tahun 2016. Pengakuan kepabeanan sebagai AEO berlaku dalam jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang dengan mempertimbangkan hasil monitoring dan evaluasi.

Pada hari Selasa hingga Jumat (08/06 – 11/06) Tim Direktorat Teknis Kepabeanan pada Kantor Pusat Bea Cukai bersama 𝘊𝘭𝘪𝘦𝘯𝘵 𝘔𝘢𝘯𝘢𝘨𝘦𝘳 pada Bea Cukai Pasuruan, Bea Cukai Tanjung Perak, dan Bea Cukai Juanda melakukan monitoring dan evaluasi ke PT Scandinavian Tobacco Group untuk menjaga kondisi dan persyaratan sebagai AEO tetap terpenuhi. Selain itu, kegiatan monitoring bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan melaksanakan tanggung jawab sebagai AEO dengan baik.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan direksi perusahaan. Setelah itu perusahaan menampilkan grup paduan suara pegawai yang menyanyikan 3 buah lagu dimana lagu pertama yang dinyanyikan yaitu, Mars Bea dan Cukai. Hal tersebut membuat para hadirin berdecak kagum, sontak berdiri — mengambil sikap sempurna sembari turut menyanyikan Mars kebanggaan pegawai Bea Cukai tersebut. Acara dilanjutkan dengan reviu atas 13 kondisi dan persyaratan AEO, pengujian beberapa sistem yang dijalankan perusahaan, dan visitasi ke area kerja perusahaan.

(PLI BC Pasuruan)

#AEO
#Monev
#BeaCukaiMakinBaik
#BeaCukaiPasuruan
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM