๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—ป๐˜€๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฒ๐—ป ๐— ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—š๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฟ ๐—ฅ๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐—ธ ๐—œ๐—น๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—น ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ฑ๐—ฎ

Pasuruan โ€“ Komitmen dan semangat yang terus dibawa oleh Bea Cukai Pasuruan dalam sosialisasi gempur rokok ilegal bersama Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Pasuruan tak pernah luntur. Hal tersebut sejalan dengan salah satu peran Bea dan Cukai, yaitu ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ต๐˜บ ๐˜ฑ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ค๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ dimana Bea Cukai memiliki tugas dan fungsi untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal serta barang lartas (larangan pembatasan) yang beredar di Indonesia. Bea Cukai Pasuruan bersatu dengan Pemerintah Daerah (pemda) untuk terus memperluas audiens dengan maksud agar pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) benar-benar diserap sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh Menteri Keuangan.

Seperti semboyan yang sering digaungkan โ€œdari rakyat dan untuk rakyatโ€, DBHCHT sendiri merupakan salah satu instrumen fiskal yang diberikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Alokasi terkait pengolahan dan pemanfaatan DBHCHT tahun 2021 dibagi menjadi 3 bidang, yakni bidang kesejahteraan masyarakat 50%, bidang penegakan hukum 25%, dan bidang kesehatan masyarakat 25%.

Sosialisasi ketentuan perundang-undangan di bidang cukai sendiri merupakan salah satu program yang termasuk dalam bidang Penegakan Hukum. Bea Cukai Pasuruan bersama dengan Pemda melakukan sosialisasi di berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pengusaha warung kelontong, IKM, hingga partai politik di lingkungan Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Pada kurun waktu sepekan kemarin (15 – 20 November 2021) Bea Cukai Pasuruan kembali hadir dalam 22 kali Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan. Penyelenggaran sosialisasi ini merupakan hasil sinergi antara Bea Cukai Pasuruan dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota dan Kabupaten Pasuruan sebagai penyelenggara kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi pada pekan kemarin diawali pada hari Senin (15/11) bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan di Hotel BJ Perdana. Serangkaian kegiatan sosialisasi bersama Pemda terus berlangsung setiap harinya hingga hari Sabtu (20/11). Terhitung dalam pekan ini, Bea Cukai Pasuruan telah berhasil melaksanakan sosialisasi hingga hari Sabtu (20/11) yang bekerja sama dengan:
– Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan
– Bagian Hukum Kota Pasuruan
– Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pasuruan
– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasuruan
– Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan
– Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan
– Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan
– Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan
.
Mengingat banyaknya rencana kegiatan yang dilakukan bersama Pemda pada minggu ini, ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—ฑ๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ผ selaku ๐—ž๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—น๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ฟ ๐—•๐—ฒ๐—ฎ ๐—–๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ฎ๐—ป hingga lakukan pembagian Tim Sosialisasi di 9 tempat yang berbeda dalam satu hari yang sama. Sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan Gempur Rokok Ilegal ini, ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ป๐—ฎ๐—ป menugaskan Tim Sosialiasi setiap harinya sesuai jadwal sosialisasi yang ditentukan, dengan tetap memperhatikan kegiatan pelayanan Kepabeanan dan Cukai.
.
Komitmen Bea Cukai Pasuruan untuk selalu memberikan informasi dan edukasi terkait dengan rokok ilegal melalui kegiatan sosialisasi terus dilaksanakan, bahkan beberapa sosialisasi juga turut dihadiri Bea Cukai Pasuruan di malam hari, hingga akhir pekan. Dengan semangat dan sinergi yang terus dijaga oleh Bea Cukai Pasuruan bersama dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Pasuruan, rangkaian kegiatan Gempur Rokok Ilegal ini akan terus dilaksanakan sebagai bagian dari upaya melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal.
.
(PLI BC Pasuruan)
.
#DBHCHT
#GempurRokokIlegal
#LegalItuMudah
#StopRokokIlegal
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#๐˜ž๐˜ฆ๐˜š๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ฆ๐˜‰๐˜บ๐˜๐˜ฆ๐˜ข๐˜ณ๐˜ต
#BeaCukaiPasuruanGaspolWBBM20221 likeReply