𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗔𝘀𝗶𝘀𝘁𝗲𝗻𝘀𝗶, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗦𝗶𝗮𝗽 𝗗𝗮𝗺𝗽𝗶𝗻𝗴𝗶 𝗦𝗲𝗿𝘁𝗶𝗳𝗶𝗸𝗮𝘀𝗶 𝗔𝗘𝗢 𝗕𝗮𝗴𝗶 𝗣𝗧 𝗖𝗠𝗪𝗜

Pasuruan – Sebagai salah satu wujud nyata upaya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Bea Cukai Pasuruan memberikan asistensi terkait dengan sertifikasi 𝘈𝘶𝘵𝘩𝘰𝘳𝘪𝘻𝘦𝘥 𝘌𝘤𝘰𝘯𝘰𝘮𝘪𝘤 𝘖𝘱𝘦𝘳𝘢𝘵𝘰𝘳 (AEO) kepada PT Central Motor Wheel Indonesia (CMWI) yang berlokasi di Kawasan Industri PIER, Pasuruan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Oktober 2021 ini dihadiri oleh Kepala Seksi Penyuluhan Internal, Joko Wuriyanto yang sekaligus sebagai 𝘊𝘭𝘪𝘦𝘯𝘵 𝘔𝘢𝘯𝘢𝘨𝘦𝘳 AEO Bea Cukai Pasuruan didampingi dengan Pejabat Fungsional dan Pelaksana Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta petugas hanggar yang bertempat di Ruang Rapat PT CMWI pada sesi pertama dan dilanjutkan di Media Center Bea Cukai Pasuruan pada sesi kedua.

Joko memberikan gambaran terkait dengan proses sertifikasi AEO dan menyampaikan komitmen untuk terus mendukung pengguna jasa dalam memberikan pelayanan yang optimal.

AEO adalah operator ekonomi yang mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sehingga berhak mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu. Berdasarkan ketentuan Pasal 2 ayat (2) Peraturan Menteri Keuangan nomor 227/PMK.04/2014, operator ekonomi yang dapat diakui sebagai AEO meliputi importir, eksportir, PPJK, pengangkut, pengusaha Tempat Penimbunan Sementara, pengusaha Tempat Penimbunan Berikat, atau pihak lain seperti konsolidator dan penyelenggara pos.

Untuk memperoleh pengakuan sebagai AEO, operator harus mengajukan permohonan kepada Dirjen atau pejabat yang ditunjuk menangani AEO. Selain itu, operator ekonomi juga harus memenuhi beberapa persyaratan salah satunya adalah patuh terhadap peraturan kepabeanan dan/atau cukai.

Diharapkan dengan adanya asistensi (𝘤𝘰𝘢𝘤𝘩𝘪𝘯𝘨 𝘤𝘭𝘪𝘯𝘪𝘤) terkait dengan AEO ini dapat membawa semangat bagi perusahaan dalam melangkah maju ke level yang lebih tinggi.

(PLI BC Pasuruan)