𝗝𝗮𝗴𝗮 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗕𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴 𝗞𝗲𝗻𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗜𝗹𝗲𝗴𝗮𝗹, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗸𝘀𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗢𝗽𝗲𝗿𝗮𝘀𝗶 𝗚𝗲𝗺𝗽𝘂𝗿!

Pasuruan – Selain rutin dalam hal melakukan edukasi terkait rokok ilegal, Bea Cukai Pasuruan juga sigap dalam mengawasi peredaran Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal. Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya operasi gempur yang dilaksanakan pada hari Senin s.d. Jumat tanggal 04 s.d. 08 Oktober 2021. Dalam operasi pasar yang telah dilakukan selama sepekan tersebut, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pasuruan mendatangi beberapa toko/kios/warung dan memeriksa jasa pengiriman atau ekspedisi di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Berbekal dengan informasi intelijen dan laporan masyarakat yang telah dihimpun dan telah dianalisis lebih lanjut, kegiatan operasi gempur Tim Bea Cukai Pasuruan selama sepekan tidak membawa pepesan kosong. Dari hasil operasi gempur, petugas berhasil melakukan penindakan atas total 1.017 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) dari Tempat Penjualan Eceran (TPE) MMEA yang tidak memiliki izin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). Selain barang bukti penindakan sejumlah ribuan botol MMEA, Tim juga berhasil melakukan penegahan atas total 652.640 batang rokok tanpa dilekati pita cukai dari penjualan rokok ilegal di beberapa kios/toko serta dari penggagalan pengiriman rokok ilegal di salah satu tempat jasa pengiriman.

Dari pelaksanaan operasi gempur selama sepekan, petugas berhasil mengamankan total potensi kerugian Negara yang ditaksir sekitar 450 juta rupiah yang seharusnya dapat disetor ke kas Negara dalam rangka membiayai program-program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terhadap barang hasil penindakan tersebut, selanjutnya dibawa dan diamankan ke Kantor Bea Cukai Pasuruan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bea Cukai Pasuruan terus mengajak masyarakat Pasuruan untuk bersama-sama mensukseskan program Gempur Rokok Ilegal dan Stop Rokok Ilegal yang merugikan perekonomian Negara dan kesejahteraan masyarakat.

(PLI BC Pasuruan)

#GempurRokokIlegal
#LegalItuMudah
#StopRokokIlegal
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruan