𝗧𝗲𝗿𝘂𝘀 𝙐𝙥-𝙩𝙤-𝘿𝙖𝙩𝙚, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗜𝗸𝘂𝘁𝗶 𝙒𝙤𝙧𝙠𝙨𝙝𝙤𝙥 𝗞𝗲𝘁𝗲𝗻𝘁𝘂𝗮𝗻 𝗕𝗮𝗿𝘂 𝗧𝗲𝗿𝗸𝗮𝗶𝘁 𝗙𝗧𝗔

Pasuruan – Sebagai Negara dengan ekonomi terbuka, Indonesia banyak menjalin hubungan dagang dengan negara-negara lain. Hal ini terwujud dengan adanya 𝘍𝘳𝘦𝘦 𝘛𝘳𝘢𝘥𝘦 𝘈𝘨𝘳𝘦𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵 (FTA) atau perjanjian dagang internasional yang salah satunya terkait pengenaan tarif preferensi Bea Masuk. Dalam penerapannya, Menteri Keuangan c.q. Bea Cukai sebagai instansi pemungut Bea Masuk telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 229/PMK.04/2017 tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk Atas Barang Impor Berdasarkan Perjanjian Atau Kesepakatan Internasional sebagai pedoman dalam implementasi ketentuan FTA tersebut.

𝗛𝗮𝗻𝗻𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗶𝗵𝗮𝗿𝘁𝗼 selaku 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗹𝗮 𝗞𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 menunjuk perwakilan pejabat/pegawai dari Kantor Bea Cukai Pasuruan yang tugas dan fungsinya berkaitan langsung dengan implementasi FTA untuk mengikuti 𝘸𝘰𝘳𝘬𝘴𝘩𝘰𝘱 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) pada hari Jumat (16/07). 𝘞𝘰𝘳𝘬𝘴𝘩𝘰𝘱 yang diselenggarakan secara virtual ini membahas mengenai PMK khusus turunan dari PMK nomor 229/PMK.04/2017 antara lain PMK nomor 70/PMK.04/2021, nomor 71/PMK.04/2021, nomor 72/PMK.04/2021, nomor 73/PMK.04/2021, dan nomor 80/PMK.04/2021 yang masing-masing mengatur khusus skema tarif preferensi antara Indonesia-Pakistan (IPPTA), ASEAN-Jepang (AJCEP), MoU Indonesia-Palestina, Indonesia-Jepang (IJEPA), dan Indonesia-Chile (IC-CEPA).

𝘞𝘰𝘳𝘬𝘴𝘩𝘰𝘱 yang dibuka oleh Martediansyah selaku Kepala Subdirektorat Bilateral Direktorat KIAL, menghadirkan 3 narasumber. Di antaranya adalah Firman Bunyamin selaku Kepala Seksi Bilateral IV, Eko Yulianto selaku Kepala Seksi Regional I, dan Leni Rahmasari selaku Kepala Seksi Regional II yang keseluruhannya dari Direktorat KIAL. Dengan terselenggaranya 𝘸𝘰𝘳𝘬𝘴𝘩𝘰𝘱 ini diharapkan implementasi FTA di seluruh Indonesia dapat terlaksana dengan baik guna terjalinnya kerjasama internasional yang kondusif dan mendukung industri dalam Negeri untuk bersaing di pasar internasional.
.
(PLI BC Pasuruan)
.
#𝘍𝘳𝘦𝘦𝘛𝘳𝘢𝘥𝘦𝘈𝘨𝘳𝘦𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵
#TarifPreferensi
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanMenujuWBBM