𝗧𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗞𝘂𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘆𝗮𝗻𝗮𝗻, 𝗕𝗲𝗮 𝗖𝘂𝗸𝗮𝗶 𝗣𝗮𝘀𝘂𝗿𝘂𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗱𝗶𝗿𝗶 𝗜𝗻𝘁𝗲𝗿𝗻𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶 𝗠𝗜𝗧𝗔 𝗱𝗮𝗻 𝗔𝗘𝗢 𝘀𝗲-𝗞𝗮𝗻𝘄𝗶𝗹 𝗗𝗝𝗕𝗖 𝗝𝗮𝘁𝗶𝗺 𝗜 𝗱𝗮𝗻 𝗜𝗜

Pasuruan – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) tak henti-hentinya terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa layanan baik di bidang kepabeanan dan bidang cukai. Sesuai dengan peran sebagai 𝘪𝘯𝘥𝘶𝘴𝘵𝘳𝘪𝘢𝘭 𝘢𝘴𝘴𝘪𝘴𝘴𝘵𝘢𝘯𝘤𝘦 dan 𝘵𝘳𝘢𝘥𝘦 𝘧𝘢𝘤𝘪𝘭𝘪𝘵𝘢𝘵𝘰𝘳, DJBC selalu mendukung perindustrian dalam negeri melalui berbagai fasilitas perdagangan yang diberikan kepada pengguna jasa di bidang kepabeanan, untuk memudahkan proses bisnis yang dilakukan.

Salah satunya adalah fasilitas Mitra Utama Kepabeanan (MITA) yang bisa didapatkan perusahaan selaku pengguna jasa bea dan cukai. Perusahaan yang telah memenuhi persyaratan fasilitas MITA, selanjutnya akan ditetapkan oleh DJBC. Dengan mendapatkan fasilitas MITA, perusahaan memiliki berbagai keuntungan yang didapatkan. Namun perlu diketahui, perusahaan yang mendapatkan fasilitas MITA akan selalu dipantau melalui monitoring dan evaluasi, apakah perusahaan masih “layak” mendapat fasilitas MITA serta meminimalisasi terjadinya pelanggaran.

Selain MITA, DJBC juga memiliki program unggulan, yaitu 𝘈𝘶𝘵𝘩𝘰𝘳𝘪𝘻𝘦𝘥 𝘌𝘤𝘰𝘯𝘰𝘮𝘪𝘤 𝘖𝘱𝘦𝘳𝘢𝘵𝘰𝘳 (𝘈𝘌𝘖). Untuk mendapatkan pengakuan sebagai AEO, perusahaan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan memiliki berbagai keuntungan yang didapatkan. DJBC pun rutin melakukan monev sebagai bukti pertanggungjawaban dari perusahaan atas fasilitas yang telah diberikan.

Sebagai bentuk wadah untuk menampung masukan dan memperluas wawasan terkait pelayanan MITA dan AEO, Kanwil DJBC Jatim I berinisiasi mengundang seluruh perwakilan satker yang ada di lingkungan Kanwil DJBC Jatim I dan II untuk mengikuti internalisasi dengan mengundang narasumber dari Kantor Pusat Bea dan Cukai. Hadir dalam kesempatan ini, para pejabat dari Direktorat Teknis Kepabeanan, yaitu Weko Loekitardjo selaku Kepala Subdirektorat Program Prioritas dan AEO dan Diding Saefudin selaku Seksi Pengembangan Program Prioritas.

Internalisasi berlangsung secara aktif, berbagai masukan dan kondisi yang terjadi di masing-masing satker tercurahkan dalam sesi diskusi kegiatan tersebut. Kegiatan diakhiri dengan 𝘤𝘭𝘰𝘴𝘪𝘯𝘨 𝘴𝘵𝘢𝘵𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵 yang disampaikan oleh Padmoyo Tri Wikanto selaku Kepala Kanwil DJBC Jatim I. Beliau berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah kuantitas perusahaan yang layak mendapatkan baik MITA maupun AEO.
.
(PLI BC Pasuruan)
.
#Internalisasi
#AEO
#MITA
#BeaCukaiPasuruan
#BeaCukaiMakinBaik
#𝘞𝘦𝘚𝘦𝘳𝘷𝘦𝘉𝘺𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵
#BeaCukaiPasuruanGaspolWBBM2022